Regio Historia

bukhara-mapee

 

Banyak para peminat sejarah yang merasa bingung setiap kali membaca buku-buku sejarah yang berkaitan dengan nama-nama kota masa lalu karena sudah tidak lagi ditemukan dalam peta dunia, hingga pada akhirnya para peminat tidak mengetahui di mana wilayah atau letak kota itu sekarang dan perubahan apa yang terjadi dengan namanya. Berikut akan dituliskan nama-nama wilayah dan kota masa lalu dalam sejarah dan perubahan namanya.

  • Transoxania atau Transoxiana:Sekarang meliputi negara Turkmenistan, sebagian besar Uzbekistan, Tadjikistan, dan Kazakstan. Sebuah wilayah yang menjadi pusat pemerintahan Dinasti Samaniah. Sultan yang terkenal adalah Timur Lenk atau dalam bahasa Persia dikenal dengan namaTarmashirin Khan (1366 – 1405 M). Ia masih keturunan Jengis Khan dan memeluk Islam Syiah. Wilayah ini mendapatkan keislamannya pada masa Umar Ibn Khattab.
  • Khurasan:  Meliputi Afghanistan, Sebahagian kecil Pakistan, Xinjian dan Yunnan China, sebagian Uzbekistan, dan sebahagian Iran sekarang. Rakyat Khurasan menjadi muslim pada masa Umar.
  • Samarkhand: Sebuah propinsi di Uzbekistan sekarang.
  • Bukhara: Sebuah kota di sebelah Barat Uzbekistan. Bukhara adalah kota asal perawi hadist Imam Bukhari. Kota ini juga pernah disanjung oleh Jalaluddin Al-Rumi dalam puisinya sebagai kota ilmu. Nama kota ini belum berubah hingga sekarang.
  • Tabariztan: Sebuah Wilayah yang berada di sebelah selatan laut Kaspia, yang sekarang terpecah menjadi tiga propinsi dalam wilayah Iran yaitu Mazandaran, Golestan, dan Semnan Utara. Setelah Kerajaan Persia runtuh pada masa Umar Ibn Khattab, rakyat Persia banyak yang memeluk Islam.
  • Turkistan: Sebuah wilayah yang membentang dari dataran tinggi Mongolia dan Cina Utara di bagian timur, hingga Laut Qazwin di sebelah barat, dan dari lembah Siberia di sebelah utara hingga anak benua India dan Persia di sebelah selatan. Dulu wilayah ini ditinggali oleh orang-orang suku Al-Ghizz, namun mereka lebih dikenal dengan sebutan Turk, yaitu nenek moyang bangsa Turki sekarang. Pada abad ke 6 mereka melakukan migrasi besar-besaran ke Asia Tengah karena beberapa faktor, termasuk mendapat serangan dari Bangsa Mongol.
  • Mesopotamia: Adalah sebuah wilayah yang sekarang mencakup Iraq, sebagian Suriah, sebagian Turki, dan juga sebagian wilayah negara Iran. Wilayah Mesopotamia adalah tempat lahirnya sebuah peradaban tertua di dunia, yang dulu didiami oleh orang-orang Sumeria, Akkadia, Assyria, dan Babilonia. Peradaban tertua ini lahir pada tahun 3500 – 3200 SM.
  • Ur: Sebuah kota penting pada masa peradaban Mesopotamia. Di kota ini juga terdapat peninggalan peradaban tertua di dunia, kuil Ziggurat. Nama kota ini sekarang diubah menjadi Tell el-Muqayyar dan berada di wilayah negara Irak.
  • Uruk: Sama halnya dengan Ur, Uruk juga menjadi kota penting pada masa peradaban Mesopotamia. Nama kota ini sekarang adalah Warka di Irak Tenggara.
  • Nineveh: Merupakan sebuah kota terpenting dan pernah menjadi sebuah kota yang terbesar di dunia pada masa peradaban Mesopotamia, tepatnya di masa pemerintahan Dinasti Neo-Assyria, dan menjadi ibu kota dinasti tersebut. Kota ini juga pernah menjadi lahan dakwah Nabi Yunus A.S dalam menjalankan perintah Allah. Kota ini sekarang masuk dalam wilayah kota Mosul, Irak.
  • Syam: Adalah sebuah wilayah yang meliputi empat Negara sekarang yaitu Palestina, Syiria, Libanon, dan Yordania. Kota ini sering menjadi tujuan Nabi Muhammad dalam berdagang dulu. Wilayah Syam dibebaskan dari cengkraman Kekaisaran Romawi pada masa Umar.
  • Transyordania: Atau nama lengkapnya adalah Emirat Transyordania. Palestina termasuk dalam wilayah  Negara ini. Transyordania termasuk wilayah kekuasaan pemerintahan Islam Turki Usmani hingga akhirnya Turki Usmani runtuh dan Transyordania masuk dalam cengkraman penjajah Inggris dan juga Perancis. Negara ini berubah nama hanya menjadi Yordania pada tahun 1949 dan beribu kota di Amman setelah Palestina lepas dari wilayah Transyordania karena dibagi menjadi dua bagian dengan Israel oleh Inggris. Negara ini merdeka dari Inggris pada tahun 1946. kerajaannya adalah terusan dari penguasa Makkah yaitu Syarif Husein Makkah setelah ia kalah perang oleh Ibn Sa’ud yang mendirikan Negara Arab Saudi sekarang karena kebodohan dua pemimpin itu yang mau diadu domba oleh Inggris.
  • Kan’an/Canaan: Sebuah kawasan wilayah yang merujuk pada wilayah modern Israel, Palestina, sebagian Yordania, sebagian Libanon, dan sebagian Suriah. Pada masa lalu, kota ini ditinggali oleh mayoritas bangsa Yahudi.
  • Anatolia: Wilayah yang sekarang berada dalam Negara Republik Sekuler Turki setelah direbut oleh Turki Seljuk dari Kekaisaran Byzantium. Orang Turki biasa menyebutnya dengan Anadolu.
  • Adrianopel: Kota ini dibangun pada masa kekaisaran Romawi oleh Kaisar Hadrian. Kota ini dinamakan Hadrianopolis. Orang-orang Inggris biasanya menyebutnya dengan Adrianople. Kota ini terletak di sebelah Utara Barat negara Turki setelah masuk ke dalam wilayahnya hingga sekarang dan berbatasan langsung dengan Bulgaria juga Yunani. Sejak kota ini direbut oleh Sultan Murad I dari Kekaisaran Konstantinopel pada tahun 1365 M, kota ini dikenal dengan nama Edirne dan menjadi ibu kota kesultanan Turki Utsmani hingga tahun 1453. Setelah Turki Ustmani di bawah kekuasaan Sultan Mehmed II menaklukkan Konstantinopel, ibu kota kesultanan juga dipindahkan ke sana.
  • Nicomedia: Sebuah kota yang terletak di Barat Laut Asia Kecil, dekat Konstantinopel. Kota itu kini dikenal dengan sebutan Azmiyet.
  • Byzantium atau Konstantinopel: Sekarang bernama Istambul, sebutan pada masa lalu adalah Islamobol yang berarti Kota Islam. Konstantinopel masuk ke dalam wilayah Turki sejak masa Kesultanan Turki Ustmani tanggal 29 Mei 1453. Sultan Mehmed II merebutnya dari Kekaisaran Konstantinopel yang saat itu dipimpin oleh Kaisar Constantine Palailogos.
  • Semenanjung Iberia: Meliputi wilayah Spanyol, Portugal, Andora, dan selat Gibraltar sekarang. Wilayah ini diubah namanya menjadi Andalusia pada tahun 718 M oleh kaum muslim yang saat itu pemerintahannya dikuasai oleh Dinasti Umayah setelah mengalahkan kerajaan Kristen Visigoth. Andalusia menjadi wilayah yang termegah dan termaju di dunia karena keilmuannya bersama dengan Baghdad di Irak pada masa Dinasti Abbasiah.
  • Memphis: Adalah sebuah ibu kota pada masa Kerajaan Lama peradaban Mesir Kuno. Kota ini sekarang berubah menjadi Mit Rahina dan terletak di sebelah selatan kota Kairo.
  • Fustat: Merupakan ibu kota Mesir pada masa awal pemerintahan Islam di Mesir pada masa pemerintahan Umar ibn Khattab di tahun 641 M. Sekarang Fustat menjadi bagian kota Kairo lama.
  • Prusia: Adalah sebuah wilayah yang sekarang masuk dalam wilayah Jerman. Dalam bahasa Latin disebut dengan Borussia. Kekaisaran Prusia melebur menjadi kekaisaran Jerman bersama kekaisaran yang lain di wilayah utara termasuk Bavaria, Sachen, dan Wuttenberg. Sebagian wilayah Prusia sekarang juga masuk ke dalam Negara Polandia.
  • Republik Weimar: Nama untuk negara Jerman pada tahun 1919 hingga direbutnya kekuasaan oleh Partai Nazi pimpinan Hitler. Dinamakan Republik Weimar karena tempat perumusan berdirinya negara republik kala itu berada di kota Weimar.
  • Burgundia: Sebuah wilayah yang dalam sejarah terletak di Perancis dan Swiss modern. Dulu aslinya dihuni oleh orang-orang Romawi. dan pada abad ke-4 diberikan pada orang Jermanik Burgundia, yang menetap dan mendirikan kerajaan sendiri. Kerajaan Burgundia dikuasai pada abad ke-6 oleh Frank yang meneruskan kerajaan ini dibawah kekuasaannya.
  • Transylvania: Wilayah yang sekarang menjadi Negara Rumania modern. Negara yang terletak di Eropa Timur ini dulunya adalah sebuah wilayah muslim pada masa Kesultanan Turki Usmani abad 15.
  • Livonia: Adalah sebuah wilayah di Eropa Utara yang sekarang terpecah menjadi Latvia dan Estonia. Dulu wilayah ini masuk dalam Negara-negara Uni Soviet.
  • Mazovia: Wilayah yang sekarang menjadi salah satu wilayah Polandia, yang terletak di Timur Negara itu. Mazovia sempat ingin menaklukkan wilayah Prusia pada tahun 1219 dan 1222 walau pada akhirnya hasilnya nihil.
  • Temasek: Nama Singapura pada masa lalu. Temasek berasal dari bahasa Jawa yaitu Tumasek yang berarti kota laut. Bahkan Singapura juga berasal dari bahasa Jawa yang berarti “Yang Dimaafkan”, karena Parameswara membunuh penguasa Siam yang menjadi musuh bebuyutan Majapahit, dan sebelumnya Parameswara lari ke Temasek setelah Sriwijaya diserang Majapahit. Hingga akhirnya Majapahit memberi nama “Singapuro” yang ditujukan untuk Parameswara.
  • Sunda Kelapa: Nama Jakarta tempo dulu pada saat berada di bawah pemerintahan kerajaan Pajajaran. Diubah menjadi Jayakarta ketika Fatahillah berhasil mengusir tentara Portugis yang saat itu ingin menancapkan kekuasaan di tanah Jawa. Pada saat penjajahan Belanda berkuasa sejak 1641, diubah menjadi Batavia hingga tahun 1942. Ketika Jepang menguasai nusantara, diubah menjadi Jakarta sebagai dampak dari de-netherlanisasi.
  • Buitenzorg: Merupakan nama yang diberikan oleh pemerintah Belanda bagi kota Bogor. Pada saat zaman kerajaan Tarumanagara, nama untuk kota hujan ini adalah Pakuan. Begitu juga ketika dikuasai kerajaan Padjajaran.
  • Ujung Galuh: Adalah nama kota Surabaya dahulu. Nama Ujung Galuh memiliki keterkaitan dengan kerajaan Majapahit, begitu juga dengan lahirnya nama Surabaya, yang telah tertulis dalam kitab negarakertagama yaitu Churabaya.
  • Ujung Pandang: Sejak tahun 1950-2000 nama untuk kota Makassar adalah Ujung Pandang. Perubahan nama ini lebih bersifat politik, karena nama Makassar hanya mengacu kepada satu suku yaitu suku Makassar, dan penduduk kota tersebut tidak semuanya bersuku Makassar. Namun, pada tahun 2000 kota ini kembali menjadi Makassar.

 

Febri Priyoyudanto

Gombak, Selangor, 5 Desember 2012

 

7 pemikiran pada “Regio Historia

    1. Untuk nama masa lalu Perancis, Saudari Aisyah bisa meninjau asal-usul bangsa Frank sebagai sejarah awal bangsa Perancis. Sebagai tambahan informasi, di dalam wilayah Perancis masa lalu juga terdapat beberapa kerajaan salah satunya adalah Burgundi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s